welcome

Monday 20 January 2014

Hasil Wawancara dengan Kakek Pejuang Kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda di Padang.


Kakek  
             : K
Pewawancara    : P

P : Assalamu’alaykum kek. Apa kabar? Maaf ya kek kami mengganggu waktu istirahat kakek.
K: Oh iya, ga apa-apa. (Bangkit dari rebahan menjadi duduk)
P: Kami dari mahasiswa UNIMED mau tanya-tanya sedikit nih kek, tentang identitas atau ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain. Boleh?
K: iya, boleh. Silakan.
P: kakek kira-kira umurnya berapa ya?
K: kakek gak begitu ingat, tapi ketika belanda masih ada, umur kakek kira-kira 10 tahun.
P: jadi kira-kira umur kakek 80 tahun ada ga?
K: ya, kira-kira umur 80an gitulah.
P: kakek dulu ikut memperjuangkan indonesia dan mengusir penjajah gak?
K: iya, kakek dulu ikut, tapi dulu kakek berjuangnya di padang. Dulu kami memakai bambu runcing untuk mengusir penjajah.
P: saat itu kakek berjuang untuk mengusir penjajah belanda atau jepang?
K: kakek dulu berjuang saat belanda menjajah, tapi kalo jepang, mereka ga sempat untuk menjajah dan sampai ke Padang. Apalagi ketika kota Hiroshima dan Nagasaki di Bom Amerika, Orang-orang yang ada di jepang itu pada pulang kampung. Jadi mereka ga lama menjajah Indonesia.
P: waaah, mantaplah kek. Terus, Menurut kakek kenapa sih bahasa persatuan kita itu bahasa Indonesia?
K: oh iya, itu karena Bangsa kita mayoritas islam, dan umat islam di Asia ini biasanya memakai bahasa melayu. Termasuk di Indonesia, lalu bahasa indonesia itu diresmikan setelah sumpah pemuda untuk membedakan bahasa kita dengan bahasa lain. Biar bisa menyatukan bangsa indonesia.
P: waktu zaman kakek dulu, Suku-suku dan adat-adat di Indonesia itu sudah banyak belum?
K: waah, kalo itu dari dulu sudah banyak, Cuma kalo zaman dulu gak ada perbedaan. Semua sama aja dan semua bersaudara.
P: Oh, begitu ya kek? Lalu, menurut kakek, kenapa lagu kebangsaan kita itu lagu indonesia Raya?
K: iya, karena itulah yang menggambarkan indonesia dari sabang sampai merauke.
P: Oh ya kek, bagaimana sejarahnya mata uang kita itu Rupiah? Dan dulu sebelum kemerdekaan indonesia, mata uang kita apa kek?
K: Sebelum kemerdekaan, ketika indonesia masih dijajah, uang kita ya pake uang belanda. Dulu uangnya itu ada yang berbetuk logam dan perak. Lalu setelah kemerdekaan indonesia, uang Rupiah pertama kali dicetak di Kisaran, dan kenapa mata uang kita rupiah, karena itu udah hasil rapat dan keputusan pemimpin kita. Zaman kakek dulu itu nilai rupiah itu masih sangat tinggi. Uang 10 sen saja sudah bisa beli apa-apa. Beda dengan uang sekarang, lima ratus perak nggak dapat apa-apa.
P: Lalu kenapa Bentuk pemerintahan kita itu Republik kek? Kenapa nggak kerajaan aja seperti yang ada di malaysa?
K: Karena Indonesia mempunyai banyak pulau. Jadi kalo menggunakan sistem kerajaan, nanti pulau-pulau yang ada di Indonesia akan terpecah belah dan dikuasai orang lain. Seperti dulu ada kerajaan-kerajaan di Indonesia seperti Kerajaan samudera Pasai, Kerajaan kutai, dan lain-lain. Jadi untuk menyatukan pulau-pulau yang ada di Indonesia inilah makanya dibuat pemerintahannya berbentuk Republik.
P: Apakah menurut kakekn budaya asing itu bisa merusak identitas nasional kita?
K: Oh iya jelas bisa. Bisa sekali.
P: Contohnya seperti apa?
K: Contohnya saja seperti TV. Akibat Televisi sekarang jadinya banyak anak-anak yang malas belajar, kerjanya hanya menonton saja. Lalu, dari tayangan-tayangan yang ada di TV banyak yang merusak karakter rakyat indonesia. Dulu rakyat indonesia itu terkenal dengan adat ketimuran dan kesopanannya. Gadis-gadis remaja dulu memakai baju kurung. Beda sekali dengan zaman sekarang. Sekarang banyak pakaian remaja itu yang kurang kain. Anak-anak zaman dulu itu sangat hormat dan patuh sama orangtua. Tapi kalo anak zaman sekarang, nggak punya sopan lagi sama orangtua, dan ga takut lagi sama orangtua, malah membangkang. Lalu dari dulu rakyat indonesia itu terkenal ramah-ramah, tapi saat ini rakyat indonesia itu orangnya banyak yang ga peduli dan cuek.
P: Lalu selain itu, apalagi yang menurut kake ciri khas bangsa indonesia yang membedakan indonesia dengan bangsa negara lain?
K: Indonesia itu Negeri yang berpenduduk islam terbanyak di dunia. Dari dulu memang bangsa indonesia itu mayoritas penduduknya muslim, lalu sampe saat ini Indonesia juga terkenal dengan penduduk muslimnya yang terbesar di dunia.
P: oh begitu yaa kek. Yaudah bih kek, udah sore, kayaknya cukup sampe disini dulu ya kek wawancaranya. Makasih banyak yaa kek udah mau berbagi informasi sama kami dan maaf ya kek udah merepotkan kali dan ganggu waktunya,
K: oh iya ga apa-apa kok. Ga ganggu kok kek. Orang kakek juga lagi santai-santai aja kok.
P: hehe, yaudah yaa kek, sekali lagi makasih banyak yaa kek. Assalamu’alaykum
K: iya iya. Wa’alaikumussalam.

No comments:

Post a Comment